Unknown
Fanfiksi (lebih sering disebut fanfiction, fanfic, FF, atau FIC) adalah istilah yang didefinisikan secara luas untuk tenaga kerja tentang cerita-cerita tentang karakter atau setting yang ditulis oleh penggemar karya asli, bukan oleh pencipta asli. 

Karya fan fiction jarang ditugaskan atau diberi kuasa oleh pemilik karya asli, pencipta, atau penerbit, mereka bahkan hampir tidak pernah diterbitkan secara profesional. Karena itu, penggemar fiksi sering mengandung banyak ditulis disclaimer yang menyatakan bahwa pencipta memiliki pekerjaan tidak ada karakter. Oleh karena itu fanfiksi didefinisikan dengan baik berhubungan dengan alam kanonik fiksi subjek dan secara bersamaan yang ada di luar alam kanon yang penulis buat. 

Kebanyakan fiksi berasumsi bahwa pekerjaan mereka dibaca terutama oleh penggemar lainnya. Untuk menganggap bahwa pembaca mereka memiliki pengetahuan tentang alam kanon (diciptakan oleh seorang penulis profesional) di mana karya-karya mereka didasarkan.

  • Lev Grossman, 18 Juli 2011
Fanfiction adalah apa yang mungkin terlihat seperti literatur jika diciptakan kembali dari awal setelah kiamat nuklir oleh sekelompok brilian budayapecandu pop  terjebak di bunker yang disegel. Mereka tidak melakukannya untuk uang. Para penulis menulis itu dan memasangnya secara online hanya untuk kepuasan. Mereka penggemar, tapi mereka tidak diam, konsumen couchbound media. Budaya berbicara kepada mereka, dan mereka berbicara kembali kepada budaya dalam bahasa sendiri.

  • Media sarjana Henry Jenkins menjelaskan korelasi antara cerita TRANSMEDIA dan fan fiction:
Ambisi ensiklopedis teks TRANSMEDIA sering ada dalam apa yang mungkin dilihat sebagai kesenjangan atau ekses dalam terungkapnya cerita: yaitu, mereka memperkenalkan plot potensial yang tidak dapat sepenuhnya diberitahu atau rincian tambahan yang mengisyaratkan lebih daripada yang bisa terungkap. Dengan demikian, pembaca memiliki insentif yang kuat untuk terus menguraikan unsur-unsur cerita, mereka bekerja atas melalui spekulasi mereka, sampai mereka mengambil pada kehidupan mereka sendiri. Fanfiksi dapat dilihat sebagai perluasan yang tidak sah dari media waralaba ke arah baru yang mencerminkan keinginan pembaca untuk "mengisi kekosongan" mereka telah menemukan dalam bahan yang diproduksi secara komersial.

Defenisi. 

Fan Fiction adalah sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan kisah, karakter atau latar yang sudah ada. Fanfic bisa berlaku untuk filmkomiknovelselebritisdan karakter terkenal lainnya. Terkadang sejumlah fanfic menyertakan penulisnya atau nama orang lain sebagai karakter cerita (sering disebut OC atau original character), ada pula yang tidak.
Plot sebuah Fanfic merupakan hasil imajinasi para fans. Konsep sederhana yang digunakan dalam menulis sebuah fanfic adalah “What if…” atau “Bagaimana jika…”. Dengan konsep itu fans bebas berimajinasi mengenai karakter kesayangan mereka. Fanfic menjadi sebuah art-project yang menyenangkan bagi seorang fans disamping proyek lain seperti membuat wallpaper, scrap book, craft design, atau art work lainnya yang menyangkut bintang atau karakter pujaannya.
Untuk menghindari tuntutan mengenai hak cipta, penulis fanfic biasanya mencantumkan kategori “fanfic” dalam tulisannya dan memberikan disclaimer, semacam pengakuan hak cipta, untuk penulis aslinya. Sedangkan untuk menghindari protes atau pertanyaan dari fans lain, biasanya para penulis fanfic selalu memberikan sedikit catatan-catatan “peringatan” atas variasi-variasi eksperimen yang dia gunakan dalam fanfic-nya. fiksi sadalah karya imaginer dan estetis yang menceritakan interaksi dengan dirinya sendiri, dengan tuhannya, atau dengan sosialnya.

credit to: here and here
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar